Tips Memilih dan Berbagai Olahan Makanan Nikmat dari Pisang Cavendish

Buah pisang sering menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan buah pendamping makanan utama. Rasanya yang khas, banyak jenisnya, dan harganya terjangkau menjadi salah satu alasan orang memilih pisang. Di Indonesia sendiri banyak varian pisang yang bisa Anda kenal, masing-masing mempunyai ciri khas pada bentuk, warna, rasa sampai dengan aroma yang dihasilkan oleh pisang. Satu dari sekian banyak jenis tersebut adalah pisang Cavendish. Dimana jenis pisang yang termasuk premium ini cukup banyak peminatnya di Indonesia. Meskipun hanya ada pada supermarket ataupun swalayan besar, namun permintaan cukup banyak.

Tips Memilih Pisang Cavendish

Termasuk buah pisang import jadi tidak heran jika pisang Cavendish mempunyai ciri khas rasa yang cukup nikmat. Sebenarnya sekilas sama dengan jenis pisang lokal namun ada beberapa perbedaan yang membuat Cavendish lebih banyak dipilih orang. Meskipun begitu, dipasaran tetap ada juga Cavendish yang kualitas biasa. Pasti akan menjadi kecewa ketika membeli pisang import harga yang lumayan mahal tetapi buah tidak sesuai. Untuk itu jangan sembarangan ketika akan membeli, perlu memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini:

  1. Pastikan dari kulit pisang yang selalu berwarna kuning cerah tanpa ada celah warna coklat ataupun lainnya.
  2. Jangan memilih jenis pisang dengan sugar spot atau kecoklatan pada beberapa bagian, itu menandakan pisang terlalu matang dan jika tidak segera dimakan akan membusuk.
  3. Siku pisang yang matang sempurna ditandai dengan adanya membulat, ini merupakan cara termudah untuk memilih.
  4. Lihat permukaan kulit, pastikan pisang halus, lembut dan tidak kesat jadi menandakan pisang matang sempurna.

Beberapa poin diatas bisa membantu Anda memilih jenis pisang Cavendish yang sebelumnya belum pernah membeli. Sebenarnya tips diatas itu berlaku untuk jenis pisang apa saja, namun memang Cavendish lebih dominan dengan bagian kulit yang bisa dikenali lebih mudah. Jangan salah, pisang import yang satu ini mempunyai harga yang lebih mahal dari pada jenis pisang lokal. Jadi jika Anda membeli dan mendapatkan buah pisang berkualitas baik pasti akan lebih puas. Tidak ada salahnya menggunakan beberapa tips diatas untuk lebih mudah menemukan jenis pisang terbaik.

Ide Olahan Pisang Cavendish Yang Nikmat

Selain nikmat ketika dimakan secara langsung, namun Anda bisa pula menggunakan pisang Cavendish untuk mengolah berbagai jenis makanan. Ini merupakan salah satu cara supaya tidak bosan memakan pisang, jadi bikin untuk olahan lainnya. Bagi Anda yang kebingungan akan dijadikan olahan apa saja, berikut ini beberapa diantaranya yaitu:

  1. Bolu kukus pisang Cavendish.
  2. Banana spring roll dengan isian pisang Cavendish.
  3. Banana pancake.
  4. Smoothies banana-strawberry.
  5. Frozen choco dipped banana.

Nama-nama diatas memang terlihat menarik tetapi semuanya hanya olahan pisang yang sedang ngetren saat ini. Anda bisa memilih salah satunya untuk digunakan sebagai camilan pendamping kopi ataupun yang lain. Mengenai resep olahannya bisa langsung cek di website. Namun untuk mendapatkan berbagai bahan yang akan digunakan untuk memasak terutama pisang bisa membeli melalui TaniHub. Karena seperti yang dikatakan pisang Cavendish merupakan produk import yang tidak semua tempat menjual. Jadi supaya Anda tidak kerepotan mendapatkan jenis pisang tersebut langsung saja cek di TaniHub sekarang juga. Bukan hanya pisang Cavendish, berbagai jenis pisang lain bisa pula Anda dapatkan secara mudah, murah dan berkualitas baik karena langsung dari tangan pertama para petani.