Lebih Efektif dan Efisien, Inilah Tips Gunakan Aplikasi Tanya Dokter Online

Ditengah pandemi seperti sekarang ini semua kegiatan perlu adanya pembatasan, kalau bisa semua dilakukan dari rumah tanpa perlu bertatap muka. Ini merupakan salah satu yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi tingkat penularan yang lebih parah. Dengan mobilitas yang rendah dan minimnya tatap muka akan memberikan dampak yang cukup baik untuk meminimalisir corona yang semakin meningkat. Salah satu yang menarik untuk dibahas saat ini adalah cara berobat hanya melalui online tanpa tatap muka. Ini bukan hanya solusi disaat pandemi namun bagi mereka dengan kesibukan tinggi, ini menjadi pilihan.

Modern ini memang semakin menjamur platform konsultasi dengan dokter melalui online yang lebih mudah. Dimasa pandemi seperti sekarang ini teknologi modern menawarkan layanan tanya dokter yang efektif tanpa perlu keluar rumah. Jadi dari mana saja Anda berasa bisa langsung berkonsultasi tanpa perlu pergi ke rumah sakit, klinik, atau tempat praktik kesehatan lainnya. Dengan keterbatasan tenaga medis, waktu dan tenaga untuk berkonsultasi kesehatan perkembangan teknologi online tersebut menjadi pilihan. Hanya dengan mengirimkan teks, video call, gambar ataupun lainnya bisa langsung mendapatkan jawaban dari para dokter atas pertanyaan kesehatan.

Supaya kegiatan konsultasi dokter secara online berjalan lebih efektif dan efisien, Anda bisa melakukan dengan beberapa tips seperti berikut ini:

1. Pastikan adanya koneksi internet baik.

Sebelum memulai berkonsultasi pastikan jika Anda berada pada tempat yang tenang dengan koneksi internet stabil. Dengan begitu ketika ada pertanyaan ataupun jawaban akan diterima oleh masing-masing dengan baik. Namun jika kondisi daerah atau lingkungan kurang mendukung sehingga komunikasi tidak bisa berjalan baik, umumnya dokter akan memberikan arahan untuk Anda ke sumber alternatif lainnya.

2. Perhatikan pertanyaan yang akan diajukan.

Karena melalui online jadi ada batasan mengenai koneksi yang mungkin saja terputus atau ada gangguan. Untuk menghindari itu lebih baik komunikasi tidak terlalu lama, persiapkan semuanya dengan baik sebelum melakukan seperti pertanyaan yang akan disampaikan. Selain itu jika ada tulis atau ringkas jawaban supaya tidak lupa. Dengan pertanyaan dan jawaban yang sudah matang akan memberikan kemudahan dokter untuk menganalisa sehingga lebih bermanfaat.

3. Usahakan teks, gambar, atau suara jelas.

Ketika tanya dokter secara online bisa melakukan dengan menggunakan chat, telephone, ataupun video call. Supaya lebih lancar perlu menghindari beberapa hal yang mengganggu proses tersebut. Misalnya berbicara jelas, padat dan mudah dimengerti, jangan terlalu cepat, dan beberapa hal lainnya.

4. Sampaikan kondisi secara jujur.

Tips berikutnya yaitu pastikan Anda selalu menyampaikan kondisi tubuh dengan jujur, hal ini akan memberikan kemudahan untuk dokter dalam menganalisa atau memberikan resep obat seperti apa yang cocok. Mulai dari gejala, penyebab, jam berapa terjadi, seberapa sering terjadi dan apa saja yang diperlukan. Selalu pastikan jika yang Anda tanyakan tersebut sesuai dengan kondisi yang sedang dialami sehingga lebih mudah dokter untuk memberikan solusi.

Yang paling penting dari sederet tips diatas adalah pilih aplikasi konsultasi dokter online yang tepat. Pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. pertimbangkan pula mengenai privasi Anda sebagai pasien, ini penting dimana kebijakan itu hanya ada pada mereka yang menggunakan aplikasi terbaik. Misalnya saja menggunakan Aido yang memberikan kemudahan untuk siapa saja melakukan konsultasi dengan dokter pilihan. Banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan dari Aido yang memudahkan, sehingga mendapatkan pelayanan terbaik. Yuk, cek dengan Aido sekarang!