Kelebihan Psikotes Online Layanan Peningkatan Mutu

Psikotes online sebagai layanan tes untuk peningkatan mutu memang benar adanya. Bagi perusahaan dan kandidat, ada keuntungan tersendiri saat mengikuti psikotes via online.

Inilah mengapa tes psikologi online kini mudah ditemukan dan semakin tinggi peminat. Mulai dari kebutuhan rekrutmen karyawan hingga seleksi calon mahasiswa.

Kedua kebutuhan tersebut merupakan hal krusial bagi perusahaan dan perguruan tinggi. Wajar apabila benar-benar harus mempertimbangkan beberapa indikator dasar.

Mengenal Psikotes Online Beserta Kelebihannya

Perilaku dan potensi seseorang bisa menjadi tolak ukur untuk berbagai kebutuhan. Tes psikologi sendiri bersifat objektif dan baku. Dalam prakteknya, Anda berhak mendapatkan pelayanan terbaik.

Dari pernyataan tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa psikotes adalah tes yang bertujuan untuk mengukur skill para kandidat dalam menghadapi dan menyelesaikan suatu permasalahan.

Selain itu, tes juga untuk menilai perilaku psikologis kandidat dalam membuat prediksi sehingga pihak penyelenggara tes psikologi online mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri kandidat.

Dari sini jelaslah jika psikotes memang menawarkan keuntungan. Di balik keuntungan tersebut, terdapat kelebihan dalam pelaksanaan psikotes. Berikut merupakan ulasan selengkapnya.

Irit Budget Operasional Perusahaan

Melakukan  asesmen kini cukup mudah. Para kandidat bisa melakukan dimanapun hanya berbekal konektivitas internet.

Pengeluaran perusahaan pun lebih irit karena tidak perlu menyediakan lokasi khusus untuk melaksanakan tes. Jangkauan psikotes online lebih luas, mulai perkotaan hingga pelosok daerah yang ada di Indonesia.

Ini juga memungkinkan calon kandidat mengerjakan tes di tempat favorit yang menurut mereka nyaman. Jadi, tidak perlu tergesa-gesa mencapai lokasi tes. 

Efektif Waktu dan Lokasi

Keuntungan ini dirasakan oleh pihak yang mengadakan rekrutmen setelah pelaksanaan tes psikologi. Dahulu, recruiter memerlukan waktu cukup lama untuk memeriksa kemudian memberikan hasilnya kepada para kandidat. Kini, semua lebih cepat dengan kehadiran aplikasi psikotes.

Aplikasi tersebut telah membekali diri dengan instruksi pengerjaan dan timer waktu pengerjaan. Dengan demikian, tugas recruiter lebih ringan.

Cukup memahami dan mengawasi sistem pegoperasian aplikasi psikotes. Nantinya, hasil psikotes bisa segera diketahui.

Hasil Tes Reliable 

Meski keluar cepat, hasil psikotes online tetap valid dan reliabel. Jika dulu banyak perusahaan sangsi akan hasil tes karena adanya manipulasi skor, sekarang tidak lagi.

Semua layanan telah diformulasikan sehingga memiliki kesesuaian dengan tools dan norma psikotes. Dalam meluncurkan layanan tersebut telah melalui tahap pengujian.

Terlebih apabila Anda menggunakan layanan psikotes dari platform NS Development. Alat tesnya telah memenuhi alat tes standar yang sudah tervalidasi dalam penggunaan via online. Norma psikotes pun merupakan perwujudan norma adaptasi, dan kandidat psikotes sendiri sebagai contohnya.

Baik alat maupun normanya teruji valid dan sesuai standar HIMPSI. Inilah yang membuat hasil tes bisa dipertanggungjawabkan secara profesional.

Keunggulan pemeriksaan hasil tes juga memanfaatkan teknologi canggih untuk meniadakan kasus human error. NSD menyadari apabila kesalahan akibat kelalaian manusia dalam memeriksa hasil psikotes akan merugikan pihak instansi dan para kandidat.

Kustomisasi Alat Tes

Kebutuhan rekrutmen karyawan terkait posisi atau jabatan dan kebutuhan perusahaan tidaklah sama. Namun, bukan berarti psikotes online tidak mampu mengatasi hal tersebut.

Dengan dukungan kustomisasi alat tes, rekrutmen karyawan tetap bisa terlaksana dengan baik. Mulai dari tahap persiapan, pembuatan, hingga tahap revisi, bisa siap lebih cepat sehingga sesuai ekspektasi klien. 

Desain Tes Multi User dan Multi Akses

Sistem psikotes online hadir dengan desain multi user sehingga memungkinkan bisa mengakses beberapa fitur yang berbeda sekaligus. Tanpa memiliki akses yang sama, peserta tetap bisa mengerjakan tes psikotes.

Klik menu akses untuk mulai membuka akses tes. Menariknya, Anda bisa melangsungkan tes secara pribadi maupun massal.

Pengawasan Jarak Jauh

Kelebihan tes psikologi yang satu ini hanya bisa Anda peroleh dari platform psikotes nomor wahid di Tanah Air, yakni NS Development. Online proctoring sebagai pengawasan jarak jauh dari NS Development, support terhadap webcam serta deteksi perangkat yang digunakan peserta tes.

Bahkan pengawasan terhadap perangkat begitu ketat. Hal ini karena sistem keamanan bisa melihat aktivitas perpindahan dari tab satu ke tab lainnya.

Ingin membuktikan bahwa psikotes online bersama NS Development adalah yang terbaik? Segera lakukan pendaftaran. Kunjungi https://nsd.co.id/ untuk melihat profil kami secara menyeluruh. Dapatkan masa layanan free trial cuma-cuma selama 7 hari. Bila puas, silakan melanjutkan menggunakan aplikasi NSD.