Ini Keunggulan Menggunakan E Faktur Pajak yang Menarik dan Menguntungkan

Berbagai jenis perusahaan dari luar negeri pada masa sekarang sudah semakin tertarik untuk melakukan transaksi jual beli barang/jasa di Indonesia. Namun sayangnya, masih banyak perwakilan dari masyarakat maupun perusahaan di Indonesia yang tidak memahami kewajiban untuk membuat laporan faktur pajak. Padahal sekarang sudah tersedia  e faktur pajak yang lebih memudahkan.

Secara garis besar, ketika sebuah transaksi jual beli barang yang dikenakan pajak telah dilakukan, maka perlu dilengkapi dengan laporan khusus. Namun untungnya, saat ini sudah berbagai sarana seperti aplikasi dan situs khusus untuk membuat e-faktur pajak sesuai dengan kebutuhan. Silahkan pahami informasi berikut ini sebelum mencoba membuat faktur pajak:

1. Prosedur Lebih Praktis

Jenis keunggulan yang pertama ini berkaitan erat dengan prosedur yang bisa dilakukan oleh setiap penjual barang/jasa ketika membuat faktur pajak. Melalui bantuan dari aplikasi yang sejak awal disediakan secara khusus ini, setiap penjual dapat membuat dokumen faktur pajak dengan praktis. Selain itu, setiap orang tidak perlu menyediakan waktu secara khusus.

Jika tertarik untuk membuat faktur pajak dalam bentuk elektronik, nantinya prosedur yang disediakan pun bisa dikatakan lebih sedikit dibandingkan biasanya. Bahkan beberapa dokumen yang biasanya perlu dibuat secara manual dapat dibuat secara otomatis melalui bantuan aplikasi yang sudah dipilih sebelumnya.

2. Dilengkapi Berbagai Fitur

Sementara itu, seiringan dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, faktur pajak telah disediakan melalui sarana yang lebih fleksibel dan secara online. Keberadaan dokumen faktur pajak dalam bentuk elektronik ini juga dapat memudahkan pemerintah dalam melakukan proses pengawasan terhadap transaksi yang dilakukan.  Tidak heran jika proses pembuatannya pun melibatkan berbagai fitur khusus.

Tidak kalah menguntungkan, jenis aplikasi yang disediakan untuk membuat   e faktur pajak  ternyata sudah dilengkapi dengan berbagai fitur. Bahkan sudah ada fitur khusus yang bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya tanpa harus memasukkan data transaksi secara manual seperti yang dilakukan biasanya. Selain itu, tidak diperlukan pula mengunggah berkas khusus seperti CSV.

3. Rekonsiliasi yang Cepat

Sebenarnya adanya  e faktur pajak tidak hanya memberikan manfaat ataupun keuntungan bagi para penjual namun juga bagi para pembeli barang/jasa. Jika bagi para penjual, dokumen seperti faktur pajak ini bisa dijadikan sebagai bukti telah mengenakan pajak transaksi, maka berbeda bagi pembeli. Untuk para pembeli, dokumen ini dapat digunakan untuk mengurangi PPN.

Untuk keuntungan yang ketiga ini bisa juga dijadikan sebagai bahan pertimbangan jika ternyata memiliki keraguan untuk mencoba langsung. Hal ini dikarenakan jenis aplikasi yang dapat membantu proses pembuatan faktur pajak ini ternyata bisa membantu dalam proses rekonsiliasi. Proses rekonsiliasi yang cepat berdampak besar pada transaksi selanjutnya.

4. Pembayaran Lebih Mudah

Kemudian ada juga keuntungan yang jangan sampai ketinggalan untuk dimanfaatkan bagi para pembeli yang ingin melakukan pembayaran untuk pajak yang dikenakan. Aplikasi  e faktur pajak membuat proses pembayaran menjadi fleksibel dan mudah sehingga tidak perlu merasa khawatir pembayaran nantinya menjadi terlambat. 

Berbeda dengan proses pembayaran dan pembuatan faktur pajak secara langsung dan manual, pembayaran secara online dapat diverifikasi dengan lebih cepat. Selain itu, nantinya proses pembuatan laporan pembayaran pajak dapat dilakukan dengan lebih mudah tanpa harus menyiapkan waktu khusus di sela kesibukan. Bahkan beberapa orang juga bisa membuat lapor SPT dengan mudah.

5. Pengiriman Tanpa Cetak

Untuk proses pengiriman bukti pembayaran atau dokumen faktur pajak ke lawan transaksi bisa dilakukan dengan cepat melalui aplikasi ini. Setiap pengguna juga bisa menyerahkan bukti tersebut tanpa harus merasa repot dengan mencetaknya secara langsung sehingga bisa menghemat tenaga masing-masing.

Jika penjual bisa memberikan bukti pembayaran pajak dari barang/jasa yang disediakan secara tepat waktu, maka pembeli pun akan diuntungkan. Para pembeli juga bisa memberikan kepercayaan yang lebih kepada penjual dan membuka kesempatan yang lebih besar untuk transaksi yang berikutnya.

Memutuskan untuk menggunakan bantuan dari  aplikasi ketika melakukan transaksi penting seperti  e faktur pajak memang bisa memberikan berbagai jenis keuntungan. Ditambah lagi, dokumen seperti faktur pajak ini memang harus segera diserahkan dan dilaporkan sesegera mungkin sehingga mempermudah untuk transaksi selanjutnya. Setidaknya menggunakan aplikasi bantuan bisa mempercepat proses pelaporan dimanapun berada.