Berikut Empat Langkah Problem Solving and Decision Making

Masalah akan selalu ada dimanapun, sehingga daripada menghindarinya maka sebaiknya berusaha untuk memecahkan dan menyelesaikan masalah yang dihadapi tersebut. Cara menghadapi masalah tersebut diperlukan baik dalam hidup pribadi hingga tentunya dalam dunia profesional pekerjaan yang dipunyai. Dalam organisasi dan perusahaan misalnya, problem solving and decision making  merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan untuk dapat mendapatkan jawaban yang tepat dari permasalahan di dalam kantor atau organisasi yang dipunyai. Mendapatkan jawaban tersebut bisa menggunakan langkah mudah dengan tools tepat seperti berikut ini:

1. Defining the problem

Langkah pertama untuk menyelesaikan permasalahan di kantor yang dihadapi adalah dengan defining the problem. Hal ini bisa dilakukan dengan mengetahui kendala yang menjadi sumber dari sebuah masalah yang dihadapi. Di dalam kantor tentunya akan mempunyai permasalahan yang jelas sehingga membuat sesuatu tidak dapat berjalan dengan baik. Sehingga hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengetahui terlebih dahulu masalah yang dipunyai sehingga nantinya bisa dihindari dan tidak terulang lagi untuk kedepannya.

2. Generating alternatives

Tidak hanya cukup untuk mengetahui sumber masalah yang dihadapi saja, tetapi selanjutnya adalah langkah generating alternatives atau mencari jalan keluar dari suatu masalah. Apabila Anda mempunyai masalah ada beberapa pilihan jalan keluarga yang dipunyai. Sehingga identifikasi sumber masalahnya dan selesaikan dengan memilih salah satu dari alternatif yang dipunyai. Alternatif pemecahan masalah tersebut bisa mudah didapatkan dengan cara mudah langsung untuk menyelesaikan masalah. Karena ada banyak jalan menuju roma, begitu juga alternatif pemecahan sebuah masalah. Sehingga ketika mempunyai masalah, pemecahannya tidak hanya satu jalan saja tetapi ada banyak alternatif yang bisa dipilih.

3. Evaluating and selecting alternatives

Langkah selanjutnya setelah mengetahui sumber masalah dan kemudian mempunyai alternatif pilihan pemecahan masalah adalah menentukan mana solusi terbaik yang bisa diambil. Mengevaluasi dan menyeleksi pilihan alternatif jalan keluarga perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Pastikan untuk memutuskan untuk mengambil alternatif yang paling bijak dan juga memberikan resiko yang paling kecil diantara alternatif lainnya. Karena di pekerjaan tentunya sangat perlu untuk mendapatkan keuntungan dan mengurangi resiko kerugian. Sehingga sangat penting juga untuk memperhatikan hal tersebut ketika akan memilih solusi dari permasalahan yang dihadapi.

4. Implementing solutions

Setelah mengambil keputusan mengenai solusi yang dipunyai adalah dengan mengimplementasikan atau menerapkan solusi yang telah dipilih tersebut. Terapkan solusi dan kemudian fokus agar masalah yang dihadapi di dalam pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik. Mengambil keputusan untuk solusi permasalahan dan mengimplementasikannya tentunya tidak hanya membutuhkan waktu yang cepat, tetapi juga perhatikan keefektifan dari solusi yang dipunyai. Hal tersebut akan memudahkan untuk mendapatkan solusi dan pengambil keputusan secara bijak.

Karena masalah akan selalu ada di dalam pekerjaan, organisasi, hingga sehari-hari maka pastikan untuk mengetahui problem solving and decision making yang bisa dilakukan dengan cara di atas. Membuat keputusan juga tidak mudah karena tidak hanya perlu mengambil keputusan secara cepat tetapi juga mempunyai hasil yang tepat. Selain itu ketika mengambil keputusan juga tidak boleh ragu dan harus yakin bahwa hasil yang didapatkan adalah yang terbaik dan mempunyai faktor resiko yang buruk dibandingkan alternatif lainnya. Untuk melatih dan mengenali pentingnya mengenali masalah dan pemecahannya bisa untuk mengikuti short programs yang ada di lembaga pelatihan Prasmul-ELI. Terdapat program yang dapat diikuti untuk membantu dapat lebih siap untuk memberikan keputusan yang efektif ketika bekerja.