Berapa Harga Kontraktor Untuk Bangun Rumah?

Saat bangun rumah, ada baiknya menggunakan jasa kontraktor karena pembangunan hunian akan jauh lebih efektif terlebih untuk Anda yang membangun rumah di daerah perkotaan. Di daerah perkotaan, cukup sulit mencari para pekerja secara mandiri untuk itu Anda butuh yang namanya kontraktor. Harga kontraktor sendiri bervariasi yang pasti jasanya harus dibayar dan tidak gratis.

Banyak orang yang penasaran dengan berapa harga jasa kontraktor untuk bangun rumah. Karena setiap perusahaan resmi, memiliki estimasi biaya jasa kontraktor yang didasarkan pada beberapa pertimbangan.

Pertimbangan Harga Kontraktor

Untuk mengetahui biaya jasa kontraktor, Anda wajib tahu beberapa pertimbangan yang dilakukan dan mendasari menentukan biaya akhir.

1. Biaya Konstruksi

Pertama Anda harus mengetahui model perhitungan biaya konstruksi saat membuat desain rumah apalagi kategori rumah mewah. Untuk membuat rumah mewah, biasanya membutuhkan desain dan detail yang cukup sulit dibanding rumah biasa.

Dengan adanya persentase biaya konstruksi anda sebagai pemilik rumah lebih leluasa untuk melakukan revisi atau perbaikan desain saat proses pembangunan rumah. Dengan cara ini Anda juga bisa lebih mudah untuk mengetahui rincian biaya jasa kontraktor. Karena nantinya, semua biaya masuk ke dalam anggaran proyek sampai bangunan selesai.

2. Luas Bangunan

Hal kedua yang perlu dipertimbangkan agar bisa mengetahui biaya jasa kontraktor adalah dengan memahami luas bangunan yang akan dikerjakan. Rumah memiliki banyak tipe dan semakin luas bangunan dari rumah tersebut, pastinya biaya jasa kontraktor akan lebih besar.

Untuk mengetahui biaya kontraktor berdasarkan luas bangunan adalah ketahui dulu luas tanah lalu harga tanah per meter.

3. Tidak Perlu Jasa Desain

Saat gunakan jasa kontraktor anda tidak perlu lagi memilih jasa arsitek untuk desain bangunan. Kontraktor bisa memberikan Anda layanan desain bebas sesuai dengan kebutuhan.

Menyewa desainer atau arsitek rumah maka harus mengeluarkan biaya lagi yang tidak kalah besar. Desain yang sudah disiapkan arsitek juga bisa direvisi atau didesain ulang, sebelum akhirnya final sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah. Kegiatan ini tentu saja sangat menghemat biaya karena anda hanya perlu sewa jasa kontraktor.

4. Biaya Tukang

Saat memilih jasa kontraktor juga dipertimbangkan jasa tukang. Kontraktor tentu tidak bisa bekerja sendiri karena harus memiliki banyak tukang agar bisa menyiapkan proyek pembangunan hunian. Pertimbangkan berapa banyak jumlah pekerja yang akan digunakan karena akan mempengaruhi harga jasa kontraktor.

Terlebih untuk jasa tukang, biasanya bisa dipilih apakah ingin menggunakan tukang harian atau tukang bulanan yang mana keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun perlu diketahui bahwa semakin sulit pekerjaan tukang maka biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal. Biaya tukang juga didasarkan dari tempat tinggal. Tentu saja harga tukang di daerah Jawa dengan di Sumatera akan berbeda.

5. Biaya Bahan Bangunan

Yang terakhir harus juga mempersiapkan biaya bahan bangunan. Anda bisa survei harga bangunan terkini untuk bisa mempertimbangkan berapa biaya yang akan dikeluarkan.

Anda juga bisa langsung berdiskusi kepada kontraktor mengenai bahan bangunan. Terutama bagi yang memiliki budget kecil, Anda bisa mengenakan harga bahan bangunan atau memilih bahan bangunan yang harganya relatif murah namun tetap berkualitas.

Itu tadi beberapa pertimbangan yang harus dilakukan untuk bisa mengetahui harga kontraktor. Bagi Anda  yang sedang cari kontraktor wajib menggunakan Sejasa agar bisa mendapatkan kontraktor profesional dan terpercaya. Kunjungi Sejasa baik lewat aplikasi ataupun website resmi, untuk mencari jasa yang dibutuhkan.