Bahaya! Ciri-ciri Kampas Kopling Motor Habis, Jangan Sampai Kelewat!

Kendaraan bermotor memiliki beragam jenis dan juga tipe. Salah satu diantaranya adalah motor kopling. Motor jenis ini memiliki beberapa komponen spesifik yang berbeda dengan jenis dan tipe motor lainnya.

Setiap komponen yang ada pada motor kopling berfungsi sebagai penunjang kinerja agar performa kendaraan menjadi prima. Salah satu diantara komponen yang dimaksud adalah kampas kopling.

Fungsi utama kampas kopling adalah sebagai alat pemutus dan penyalur tenaga putaran mesin dari poros engkol. Secara sederhana, kampas kopling berfungsi sebagai penyalur tenaga dari mesin ke transmisi.

Karena fungsinya tersebut, saat kampas kopling habis, maka tenaga yang disalurkan ke transmisi menjadi tidak maksimal.

Ciri-ciri Kampas Kopling Motor Aus atau Habis

Setiap komponen pada kendaraan pasti memiliki ketahanan dan usia pemakaian. Dalam buku pedoman untuk motor kopling dijelaskan bahwa pemeriksaan kampas kopling disarankan untuk dilakukan setiap 12.000 kilometer.

Pemeriksaan kampas kopling secara berkala bertujuan untuk mempertahankan performa mesin serta mengetahui kondisi kampas kopling. Ketika kondisi kampas kopling mulai menipis atau aus, gejala atau ciri-ciri tersebut dapat dirasakan langsung oleh pengendara.

Meski dapat dirasakan langsung, masih banyak pengendara yang kurang memahami saat kampas kopling ternyata habis. Berikut ini akan dijelaskan lebih rinci ciri-ciri kampas kopling motor habis.

1.    Mesin motor menjadi lebih cepat panas

Saat kampas kopling motor habis, mesin akan terasa cepat mudah panas. Hal ini merupakan akibat dari hilangnya daya cengkram kampas pada alat gesek. Sehingga, kedua komponen yang ada pada mesin lebih sering bergesekan dan menimbulkan panas.

Mesin motor panas juga dapat ditimbulkan oleh mesin yang bekerja di RPM tinggi. Semisal, saat sepeda motor dalam kondisi normal, kendaraan tersebut hanya membutuhkan 6000 RPM untuk mencapai kecepatan 150 km/ jam. Sedangkan saat kampas kopling habis atau aus, mesin harus berputar lebih dari 6000 RPM untuk mencapai kecepatan yang sama.

2.    Akselerasi mesin motor melemah

Ciri kedua kampas kopling motor habis yakni akselerasi mesin motor melemah. Hal ini terjadi karena tenaga yang disalurkan dari mesin tidak tersalur secara maksimal yang diakibatkan kampas kopling yang habis.

Tenaga yang tidak disalurkan secara maksimal menyebabkan mesin motor dirasa kurang responsif saat posisi gear. Tenaga motor terasa jauh tidak bertenaga saat berada di putaran mesin awal.

Sebagai contoh, saat kampas kopling masih tebal, motor dapat menempuh kecepatan 50 km/jam hanya dalam waktu 5 detik. Perbandingannya, saat kampas kopling habis, motor membutuhkan waktu 10 detik untuk mencapai kecepatan yang sama.

3.    Perpindahan gigi yang terasa lebih sulit

Ciri lain yang menunjukkan kampas kopling motor habis adalah perpindahan gigi yang dirasa lebih sulit dari biasanya. Kampas kopling yang habis membuat perpindahan persneling saat menambahkan gigi menjadi sulit.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam perpindahan gigi saat berkendara, Anda bisa menyiasatinya dengan memainkan gas ketika berganti gigi. Agar lebih aman, Anda bisa langsung mengganti kampas kopling jika memungkinkan.

4.    Tarikan awal yang tidak responsif

Ciri-ciri kampas kopling motor habis yang paling mudah diketahui yakni pada saat tarikan awal kendaraan. Tarikan awal sepeda motor yang tidak responsif inilah menjadi ciri kampas kopling motor Anda habis.

Tarikan sepeda motor akan terasa berat atau telat ketika Anda menarik tuas kendaraan. Hal ini tentu membuat Anda merasa tidak nyaman. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda segera melakukan perawatan dan membawa motor kesayangan ke bengkel terdekat.

5.    Motor mengeluarkan suara raungan

Ciri lainnya yang mudah diketahui saat kampas kopling habis yaitu keluarnya suara raungan. Suara tidak biasa yang dikeluarkan motor tersebut dapat menjadi pertanda Anda harus segera mengganti kampas kopling yang telah habis atau aus.

Tidak hanya sekedar mengetahui kondisi mesin untuk berkendara yang nyaman. Untuk kenyamanan berkendara terutama sepeda motor, Anda bisa mempercayakan peralatan riding Anda pada Eiger.

Peralatan riding yang tersedia dari Eiger memiliki kualitas dan desain terbaik. Anda bisa membeli perlengkapan berkendara seperti helm dan jaket yang fashionable untuk digunakan berkendara.

Untuk mendapatkan berbagai produk dari Eiger, Anda bisa langsung mengunjungi website resmi dari Eiger. Temukan berbagai promo menarik di website resmi Eiger.