Apa Itu Proses Fabrikasi Tangki?

Tangki banyak dimanfaatkan di Indonesia untuk dunia industri. Penggunaan tangki biasanya dijadikan sebagai tempat penyimpanan dan penampungan bahan bakar seperti minyak dan kadangkala dipakai juga untuk pengolahan minuman dan susu. Pemakaian tangki tentu saja untuk perlindungan agar bahan yang disimpan dalam tangki bisa terjaga baik kualitas dan higienitas.

Dalam prosesnya, pemasangan tangki tentu saja tidak mudah karena ada yang namanya fabrikasi tangki hingga instalasi tangki. Untuk itu Anda membutuhkan yang namanya jasa fabrikasi pada tangki. Dengan menggunakan jasa tersebut, maka tangki bisa terpasang dengan aman dan sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

Proses Fabrikasi Tangki

Jasa fabrikasi merupakan jasa yang memang cukup jarang anda temukan di Indonesia. Salah satu penyebabnya, karena belum banyak ahli yang memiliki kemampuan untuk fabrikasi tangki dengan kemampuan yang profesional. Untuk proses fabrikasi tangki sendiri, dilakukan dengan beberapa tahap.

1. Fabrikasi Tangki Khusus

Yang pertama yaitu fabrikasi tangki secara khusus, di mana Anda harus tahu ada beberapa standar tangki yang harus dipenuhi. Biasanya standar tangki ini berkaitan dengan tujuan penggunaannya. Maka dari itu sebelum melakukan fabrikasi, maka sebaiknya konsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui jenis tangki apa yang cocok untuk dipesan.

Selain itu saat melakukan pabrikasi penting untuk memilih tangki berdasarkan berapa lama jangka waktu penyimpanan bahan material pada tangki. Dan juga Anda harus tahu bagaimana kualitas tangki yang akan dibutuhkan nantinya.

2. Tenaga Profesional

Dalam fabrikasi tangki, maka harus dilakukan oleh orang yang profesional. Karena pada proses ini membutuhkan perhitungan yang cermat dan juga benar supaya tangki tetap aman dan lebih awet. Ada cukup banyak kondisi dimana para tenaga pemasangan fabrikasi tangki melakukan kesalahan karena tidak melakukan pekerjaan sesuai prosedur pembuatan.

Ini berimbas kepada tangkil kurang bisa menyimpan bahan material lebih aman, itu karena instalasinya tidak tepat membuat tangki jadi mudah rusak.

3. Pemilihan Bahan

Tangki yang dipakai untuk penyimpanan hendaklah dibuat dari bahan yang berkualitas. Setidaknya harus dibuat dari bahan anti karat agar lebih tahan lama. Maka dari itu, bisa memilih tangki dari bahan stainless steel dan juga baja.

Anda juga bisa konsultasikan terlebih dahulu kepada jasa fabrikasi, untuk mengetahui pemilihan bahan material tangki yang tepat dan berkualitas.

4. Pembuatan Tangki

Pada proses ini di mana tangki dibuat harus mengikuti standar kualitas tangki di industri yang ada di Indonesia. Aturan standar tersebut sudah dibuat secara baku dan harus dipatuhi oleh pemilik industri. Industri yang menggunakan produk tangki.

Pembuatan tangki dirancang dengan ketebalan tertentu untuk mengurangi tingkat kebocoran, apalagi untuk tangki yang menyimpan bahan material dalam waktu lama.

5. Proses Instalasi

Kini saatnya masuk ke bagian proses pemasangan atau instalasi tangki. Diawali dengan pemasangan pipa untuk menyalurkan zat yang ada di dalamnya menuju tempat yang sudah ditentukan. Akhirnya nanti zat tersebut masuk ke dalam tangki.

Dalam proses instalasi ini perhatikan dari sisi keamanan apakah prosesnya sudah sesuai prosedur keamanan barang. Jauhkan barang-barang yang menimbulkan percikan api dari dekat tangki.

Itu tadi yang harus diketahui tentang proses fabrikasi tangki. Untuk anda yang membutuhkan jasa fabrikasi dan instalasi tangki maka bisa mengunjungi Bengkel Sejati. Ini merupakan bengkel resmi dari PT Intidaya Dinamika Sejati yang letaknya di Jember.

Meskipun bengkel bubut di Jember dan termasuk juga jasa fabrikasi tangki, namun untuk pelayanannya bisa dilakukan ke seluruh Indonesia. Informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi bengkelsejati.co.id.