5 Jenis Batu Permata Pada Cincin Nikah Emas Beserta Artinya

Emas masih menjadi pilihan utama banyak pasangan yang mencari cincin nikah. Salah satu alasannya karena emas sudah sejak lama dikenal sebagai barang berharga. Apalagi sekarang muncul warna-warna emas yang menarik seperti rose gold, black gold, dan lain-lain. Selain bahan, batu permata merupakan kriteria lain dari cincin nikah emas. Pasalnya batu tersebut yang akan mempercantik cincin yang Anda miliki.

Pada umumnya wanita memilih batu permata berdasarkan selera. Namun ternyata setiap batu permata pada cincin nikah memiliki artinya masing-masing. Berikut ini adalah 5 batu permata terbaik untuk cincin nikah beserta dengan artinya:

Berlian Kuning

Berlian kuning atau yellow diamonds merupakan batu permata berwarna kuning karena kandungan nitrogen di dalamnya. Termasuk salah satu batu berlian yang langka dengan harga cenderung cukup mahal. Cincin nikah yang menggunakan berlian kuning sering dicari oleh banyak pasangan dan wanita. Pasalnya warna kuning tersebut menjadi lambang dari kemurnian cinta dua insan manusia. Selain itu, warna kuning juga melambangkan romansa dan nilai persahabatan sepanjang masa. Sangat cocok dijadikan sebagai batu permata untuk cincin nikah.

Ruby

Ruby adalah salah satu dari empat batu paling berharga yang sering dijadikan sebagai batu permata cincin nikah emas. Sebenarnya ruby termasuk jenis batu safir karena merupakan jenis mineral corundum seperti safir. Warnanya merah terang seperti delima sehingga disebut juga sebagai batu delima. Cincin nikah dengan batu ruby memiliki arti kesempurnaan dan luapan cinta pada pasangan masing-masing. Dengan tingkat kekerasan mencapai 9 Mohs, batu ruby menjadi pilihan terbaik untuk cincin nikah.

Safir

Batu safir merupakan batu permata yang sangat populer untuk cincin nikah, seperti halnya berlian. Popularitas batu safir semakin meningkat lantaran Kate Middleton menggunakannya sebagai cincin pertunangan. Wanita yang kini menjadi istri Pangeran William dari Kerajaan Inggris ini menggunakan cincin safir 12 carat peninggalan Putri Diana. Bukan hanya warna birunya saja yang cantik, tapi cincin safir juga meninggalkan kesan agung. Arti dari batu safir sendiri adalah kesetiaan dan kejujuran kepada pasangan masing-masing.

Zamrud

Cincin nikah emas dengan warna hijau tajam biasanya menggunakan batu zamrud atau yang juga dikenal dengan nama emerald. Warnanya biasanya cenderung hijau tua yang kuat. Sedangkan arti dari batu ini adalah keberuntungan. Pasangan yang memakai cincin batu zamrud di hari pernikahannya akan mendapatkan keberuntungan dan kebahagiaan saat menjalani kehidupan rumah tangga.

Aquamarine

Batu aquamarine memang tidak termasuk batu paling berharga di dunia. Namun bukan berarti batu cantik ini tidak layak dipilih sebagai hiasan cincin nikah. Ciri khas batu aquamarine adalah warna biru laut yang cerah. Biru sendiri merupakan lambang keberanian dan komunikasi baik dengan pasangan. Memakai cincin ini membuat Anda dan pasangan bisa mengekspresikan cinta dengan lebih baik. Apabila pasangan tidak suka menggunakan warna cerah, Anda bisa memilih cincin pria dengan batu berlian, sedangkan cincin wanita dengan batu aquamarine.

Itulah 5 jenis batu permata pada cincin nikah emas beserta dengan artinya. The Palace yang berada di bawah naungan PT. Central Mega Kencana menawarkan cincin nikah dengan batu permata indah seperti berlian putih, safir biru, zamrud, dan juga ruby. Koleksi tersebut hadir dalam Precious Stone dari The Palace.

Desainnya mewah sehingga bisa menyempurnakan pernikahan Anda. Jangan lupa padukan cincin nikah tersebut dengan perhiasan lainnya agar Anda sempurna di hari istimewa. Detail lebih lengkap mengenai Precious Stone bisa dilihat di website www.thepalacejeweler.com.